Membuat Game RPG Sederhana Dengan C++
1. Sekilas Tentang Game
Ada banyak genre game di dunia ini, tapi kita mengatakannya cuma game tembak-tembakan,game petualangan, game strategi. Tapi sebenarnya ada nama lain dari jenis game yang saya sebutkan di atas. Disini saya bahas sedikit mengenai jenis game yang paling pupuler
- RTS (Real Time Strategi)
Game ini biasanya bersifat turn based ataupun bisa dimainkan secara bersamaan, identik dengan bermain melawan human intelegent (manusia vs manusia) yang biasanya menggunakan LAN ataupun Internet. Game ini bisa dikatakan game perang-perangan. Contoh game RTS adalah (DOTA, StarCraft, Civilization)
- RPG (Role Playing Game)
Keunikan dari game ini yaitu tidak pernah tamat. Meskipun tamat paling hanya cerita nya saja atau leveling yang bias sesuka hati. Kita diperkenankan untuk mengelola sebuah karakter, mengatur keungan ataupun membangun koneksi. Contoh dari game ini yaitu (KOA, Skyrim, The Witcher)
- FPS (First Person Shooter)
Ini sebenarnya nama genre dari game tembakan-tembakan. Kita menjalankan orang/person dengan sudut pandang orang pertama. Contoh dari game ini yaitu (call of duty, counter strike, far cry 3)
- Sand Box
Game ini berlatar di suatu daerah yang kita dituntut untuk menjalankan sebuah misi yang telah ditentukan. Game ini memiliki banyak peminat karena kebebasan yang disuguhkan di dalamnya. Contoh dir game ini yaitu (GTA, Saint Row, Sleeping Dogs)
2. Membuat Game Sederhana
Dari sekian banyak genre game yang
ada saya akan membagikan cara membuat game sederhana menggunakan c++ untuk
genre RPG (Role Playing Game)
·
Persiapan
Tool
yang saya gunakan unutk membuat game ini yaitu dev c++. Bisa download disini
·
Sprite
Setelah
menginstal IDE tadi kemudian buka aplikasinya.
Kemudian
klik file > New > Source File atau CTRL N
Dengan
tampilan ide nya sebagai berikut :
Kemudian
ketikkan source code di bawah ini
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 | #include <iostream> #include <windows.h> #include <conio.h> using namespace std; char Map[10][10] = { "#########" , "# # !#" , "##### ###" , "## # #" , "## #### #" , "# # #" , "# # #" , "#@# #" , "#########" }; int Gamespeed = 100; int Level = 0; bool stopgame = false ; int main () { while (stopgame == false && Level==0) { system ( "cls" ); for ( int y= 0;y<10;y++) { cout << Map[y] << endl; } for ( int y= 0;y<10;y++) { for ( int x = 0; x<10; x++) { switch (Map[y][x]) { case '#' : { Map[y][x] = 219; } break ; case '@' : { if (GetAsyncKeyState(VK_UP) !=0) { int y2 = (y-1); switch (Map[y2][x]) { case ' ' : { Map[y][x] = ' ' ; y-=1; Map[y2][x]= '@' ; } break ; case '!' : { Level = 1; } break ; } } if (GetAsyncKeyState(VK_DOWN) !=0) { int y2 = (y+1); switch (Map[y2][x]) { case ' ' : { Map[y][x] = ' ' ; y+=1; Map[y2][x]= '@' ; } break ; case '!' : { Level = 1; } break ; } } if (GetAsyncKeyState(VK_RIGHT) !=0) { int x2 = (x+1); switch (Map[y][x2]) { case ' ' : { Map[y][x] = ' ' ; x+=1; Map[y][x2]= '@' ; } break ; case '!' : { Level = 1; } break ; } } if (GetAsyncKeyState(VK_LEFT) !=0) { int x2 = (x-1); switch (Map[y][x2]) { case ' ' : { Map[y][x] = ' ' ; x-=1; Map[y][x2]= '@' ; } break ; case '!' : { Level = 1; } break ; } } } break ; } } } Sleep(Gamespeed); } while (stopgame == false && Level==1) { system ( "cls" ); cout << "Level 2 Goes Here" << endl; system ( "pause" ); return EXIT_SUCCESS; } exit (1); getch (); } |
Kemudian
execute > compile
Komentar
Posting Komentar